Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia berbasis Padlet berorientasi Education for Sustainable Development (ESD) untuk meningkatkan kepedulian lingkungan siswa kelas V SD Negeri 149 Palembang. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 92% dari ahli media, 93% dari ahli materi, dan 98% dari praktisi. Respon siswa terhadap kepraktisan media berada pada kategori sangat baik, dengan capaian 100% pada uji individu maupun kelompok kecil. Efektivitas pembelajaran terbukti melalui perolehan N-gain sebesar 0,8 dan nilai Sig uji-T < 0,0001, yang termasuk kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa multimedia berbasis Padlet berorientasi ESD tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar, tetapi juga mampu menanamkan nilai keberlanjutan dan kepedulian lingkungan secara menyenangkan. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa integrasi teknologi interaktif berbasis ESD dapat menjadi strategi inovatif untuk pembelajaran abad ke-21, khususnya dalam membentuk karakter peduli lingkungan sejak pendidikan dasar.

Keywords

Pengembangan, Multimedia Pembelajaran, ESD, Padlet.

Article Details

How to Cite
Purnama, V. A., Nurani, D. C., Maharani, S. D., Yolanda, P. A., & Rodiyah, A. L. (2025). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Padlet Berorientasi ESD Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(3), 519-527. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i3.2462