Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) pada tema  6 panas dan perpindahannya kelas V SD Negeri Nefosaka, Kota Kupang Tahun Ajaran 2022/2023  melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Jenis  penelitian ini adalah PTK. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Nefosaka  yang berjumlah 13 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas  menurut Kemis Me Tanggart yang meliputi (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4)  refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes  keterampilan proses Sains dan angket. Indikator ketercapaian KKM 70 %. Teknik Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan  kuantitatif. Dengan subjek penelitian terdiri dari 4 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan proses sains (KPS) siswa. Hasil  keterampilan proses sains siswa dapat meningkat dilihat dari rata-rata. Hasil penelitian yang  dilakukan menunjukan adanya peningkatan dari setiap aspek yang telah ditentukan.pada siklus  pertama dengan nilai persentase ketuntasan 53,46% dengan kategori kurang baik dan pada siklus  kedua dengan nilai persentase 88,84%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa peningkatan  keterampilan proses sains (KPS) siswa melalui model pembelajaran Team Assisted  Individualization pada tema 6 panas dan perpindahnnya kelas V SD Negeri Nefosaka Kota  Kupang Tahun Ajaran 2022/2023 meningkat

Keywords

Model TAI, Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran IPA

Article Details

How to Cite
Tanalinal Khasna, F., Nuriyah, & Uslan. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Kelas V SD Negeri Nefosaka Kupang . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(2), 353-363. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i2.2484