Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) pada tema 6 panas dan perpindahannya kelas V SD Negeri Nefosaka, Kota Kupang Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Nefosaka yang berjumlah 13 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemis Me Tanggart yang meliputi (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes keterampilan proses Sains dan angket. Indikator ketercapaian KKM 70 %. Teknik Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Dengan subjek penelitian terdiri dari 4 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan proses sains (KPS) siswa. Hasil keterampilan proses sains siswa dapat meningkat dilihat dari rata-rata. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya peningkatan dari setiap aspek yang telah ditentukan.pada siklus pertama dengan nilai persentase ketuntasan 53,46% dengan kategori kurang baik dan pada siklus kedua dengan nilai persentase 88,84%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan proses sains (KPS) siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization pada tema 6 panas dan perpindahnnya kelas V SD Negeri Nefosaka Kota Kupang Tahun Ajaran 2022/2023 meningkat