Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui penerapan model pembelajaran inovatif. Project Based Learning (PjBL) berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dipandang mampu memfasilitasi keterampilan berpikir kreatif serta pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian melibatkan 9 siswa kelas IV SD Negeri Sayidan. Data penelitian berupa hasil observasi kreativitas (menggunakan rubrik kreativitas), nilai pretest dan posttest (hasil belajar siswa melalui Quizizz), dokumentasi, serta wawancara dengan siswa. Analisis data dilakukan dengan model Miles, Huberman, dan Saldaña yang mencakup pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kreativitas siswa dari kategori sedang (rerata 2,22) menjadi kategori tinggi (rerata 3,49), serta peningkatan hasil belajar dari rata-rata 61,11 pada pretest menjadi 86,67 pada posttest. Wawancara mengungkapkan bahwa penggunaan PjBL berbasis TPACK membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menantang, dan memotivasi. Temuan ini membuktikan bahwa integrasi PjBL dengan TPACK efektif meningkatkan kreativitas dan hasil belajar, sekaligus mendukung keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, kolaborasi, dan inovasi.