Main Article Content
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa kartu flash bertekstur yang dapat meningkatkan keterampilan membaca awal siswa kelas dua di Kecamatan Kemalang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil survei internasional yang menunjukkan tingkat literasi membaca yang rendah di kalangan siswa sekolah dasar di Indonesia, sehingga memerlukan solusi efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca sejak usia dini. Pengembangan media dilakukan menggunakan model ADDIE, pada tahap analisis, kebutuhan siswa dan kondisi belajar awal diidentifikasi, diikuti dengan desain media berdasarkan hasil analisis. Selanjutnya, pembuatan produk dan validasi dilakukan oleh ahli materi pelajaran (rerata 40) dan ahli media (rerata 39), diikuti dengan uji coba terbatas pada 30 siswa yang dipilih melalui sampling purposif menunjukkan peningkatan dari 60 menjadi 80. Melalui uji coba secara luas (147 siswa) menunjukkan bahwa fashcard bertekstur yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan, menarik menurut validasi ahli, dan efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca siswa dari 62 menjadi 85. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa penggunaan kartu flash bertekstur melalui pendekatan multisensori dapat memaksimalkan hasil belajar membaca pada usia dini. Rekomendasi pengembangan lebih lanjut meliputi penerapan media pada tingkat kelas yang lebih luas dan pengujiannya dalam berbagai konteks pembelajaran untuk memperkuat temuan dan efektivitas produk.