Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran audio-visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SD YPK Nakna. Subjek penelitian melibatkan dua rombongan belajar (rombel) kelas IV, yaitu kelas IV A sebagai kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan media audio-visual dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) tipe nonequivalent control group design. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest), serta observasi aktivitas belajar selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih tinggi, dan hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan nyata antara kedua kelompok. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan metode pembelajaran audio-visual dapat membantu siswa memahami materi PKn secara lebih konkret, menarik, dan menyenangkan, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD YPK Nakna.

Keywords

Audio-Visual Learning Outcomes Citizenship Education Learning Models Fourth Grade Students

Article Details

How to Cite
Soltif, N. A. A., Sahirudin, S., & Ramadhani, I. A. (2025). Efektivitas Metode Pembelajaran Audio-Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Terhadap Mata Pelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(4), 623-631. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i4.2615