Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menguji media pembelajaran deep learning berbasis Lumi Interaktif pada mata pelajaran IPAS di SD. Latar belakang penelitian ini didasarkan dari data empiris  yang menunjukkan bahwa sebagian siswa masih mengalami kebingungan dan kesulitan dalam memahami materi IPAS meskipun guru telah memanfaatkan media digital. Kondisi tersebut berdampak pada rendahnya partisipasi siswa, terutama yang membutuhkan penjelasan ulang dan pendampingan intensif dari guru. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas VA SDN 096 Sarijadi Selatan, Kota Bandung. Metode penelitian menggunakan model Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE, namun dibatasi sampai tahap implementasi. Tahap Analysis  melalui identifikasi kebutuhan, tahap Design melibatkan perancangan alur pembelajaran berbasis Lumi Interaktif, tahap Development menghasilkan media yang mengintegrasikan teks, gambar, audio, video percobaan, dan kuis interaktif, tahap Implementation melalui uji coba terbatas. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket validasi, serta tes hasil belajar, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa Lumi Interaktif mampu menyajikan materi bunyi dan sifatnya dengan memadukan teks, gambar, audio, video percobaan, dan kuis interaktif. Validasi praktisi memberikan skor 91,7% dengan kategori sangat layak, validasi ahli materi memperoleh skor 80% (layak), dan validasi ahli media berada pada rentang 97% (sangat layak). Uji efektivitas melalui perbandingan nilai pretest dan posttest menghasilkan peningkatan rata-rata dari 4,1 menjadi 5,9 dari skor maksimal 10 dengan N-Gain sebesar 0,31 (kategori sedang). Dengan demikian, Lumi Interaktif, platform yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran melalui konten yang menarik dan interaktif,  layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif pada mata pelajaran IPAS di SD.

Keywords

Media Pembelajaran Deep Learning Lumi Interaktif

Article Details

How to Cite
Br Ginting, L. C., Riyadi, A. R., Muryanto, R., Sulaeman, C. A., & Anggreini, K. S. P. (2025). Deep Learning Melalui Platform Lumi Interaktif pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(4), 632-646. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i4.2643