Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji efektivitas e-book Konsep Dasar Fisika dan Kimia yang dirancang dengan integrasi nilai-nilai karakter dan dukungan Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan literasi sains mahasiswa Program Studi PGSD FIP UNIMED. Penelitian menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), yang dibatasi hingga tahap Develop. Tahap Define mencakup analisis kebutuhan, karakteristik mahasiswa, dan kurikulum. Tahap Design difokuskan pada perancangan struktur materi, penyisipan nilai karakter, serta tampilan antarmuka e-book. Tahap Develop melibatkan validasi ahli dan uji coba terbatas terhadap 40 mahasiswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda beralasan digunakan untuk mengukur peningkatan literasi sains dengan desain one group pretest–posttest. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 54,00 pada pre-test menjadi 82,25 pada post-test. Uji paired t-test menghasilkan nilai signifikansi p = 0,000, menandakan adanya perbedaan yang signifikan, dengan N-Gain sebesar 0,76 dalam kategori tinggi. Dengan demikian, e-book yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan literasi sains mahasiswa dan dapat dijadikan alternatif inovatif untuk pembelajaran bermakna di era pendidikan abad ke-21.

Keywords

E-Book, Literasi Sains, Karakter, Artificial Intelligence, Model 4D, PGSD

Article Details

How to Cite
Ratno, S., Manurung, I. F. U., Rozi, F., & Amelia, F. R. (2025). Efektivitas E-Book Konsep Dasar Fisika dan Kimia Berbasis Karakter Berbantuan Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Prodi PGSD FIP UNIMED. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(4), 671-678. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i4.2646