Main Article Content
Abstract
Literasi membaca merupakan kemampuan yang penting dalam menunjang keberhasilan akademik peserta didik karena menjadi dasar untuk menguasai berbagai pengetahuan. Berdasarkan data nasional seperti hasil PISA maupun data lokal dari Rapor Pendidikan dan wawancara guru di Kecamatan Selo menyatakan bahwa kemampuan literasi membaca peserta didik masih rendah, baik. Data tersebut menggambarkan bahwa banyak peserta didik yang mampu membaca namun belum memahami isi bacaan dengan baik, sehingga aspek pemahaman membaca menjadi titik lemah utama dalam literasi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan literasi membaca peserta didik, 2) mengetahui implementasi model Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca, 3) mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan literasi membaca peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian ini dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran PjBL dengan jumlah peserta didik 40 sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran CIRC dengan jumlah perserta didik 40. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan tes soal kemampuan literasi membaca. Teknik analisis data terdiri dari uji pra-syarat dan uji hipotesis. Uji pra-syarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PjBL dapat meningkatkan kemampuan literasi membac, yang ditunjukkan dari nilai rata rata kelas eksperiment sebelum diberikan pembelajaran dengan model PjBL (pretest) 60.75 setelah penerapan pembelajaran dengan PjBL menjadi (posttest) 79.88. Pada kelas kontrol mendapatkan rata rata skor pretest 61.00 dan untuk skor posttest 72.38. Terdapat pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan literasi membaca dengan nilai p value 0,000<0.05. Simpulan penelitian ini model Project Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi membaca peserta didik kelas V SD.