Main Article Content

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar masih dihadapkan pada rendahnya pemahaman konsep sudut dan kurang berkembangnya keterampilan berpikir kreatif siswa. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat konvensional dan kurang kontekstual. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Dalgona Tangram Challenge sebagai alternatif inovatif untuk mendukung pemahaman konsep sudut dan meningkatkan kreativitas. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian meliputi empat siswa kelas V sekolah dasar dan dua guru sebagai validator. Instrumen penelitian berupa angket validasi, angket kepraktisan, dan lembar observasi keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan media berada dalam kategori sangat layak dan praktis, serta efektif mendukung pemahaman konsep sudut dan meningkatkan kreativitas. Media ini dinilai menarik, mudah digunakan, dan mampu mendorong siswa menghasilkan ide-ide orisinal dalam menyusun pola tangram. Berdasarkan temuan ini, Dalgona Tangram Challenge direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran konsep sudut di sekolah dasar.

Keywords

media pembelajaran tangram sudut sekolah dasar

Article Details

How to Cite
Rahman, S. A., & Aprillia, S. F. (2025). Pengembangan Media Dalgona Tangram Challenge untuk Pembelajaran Sudut di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(4), 698-710. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2668