Main Article Content
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu meningkatnya fenomena demotivasi belajar dan perilaku bullying pada siswa sekolah dasar yang diduga dipengaruhi oleh rendahnya self-esteem siswa dan pola asuh orang tua. Self-esteem diukur melalui lima aspek, yaitu feeling of security, feeling of identity, feeling of belonging, feeling of worth, dan feeling of competence. Kelima aspek ini berkaitan dengan Parenting Daily Activities (PDA) yang mencakup empat indikator utama, yakni parental efficacy, parental warmth, parental monitoring, dan parental control. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis hubungan antara PDA dan self-esteem siswa, serta (2) mengetahui pengaruh keduanya terhadap demotivasi belajar dan fenomena bullying di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian dilakssiswaan di SDN Lirboyo 1 Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri dengan melibatkan 169 responden yang terdiri atas 83 siswa, 83 orang tua, dan 3 guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan kuesioner daring (Google Form), kemudian dianalisis secara deskriptif dengan teknik reduksi dan kategorisasi tematik. Hasil penelitian menunjukkan implementasi PDA memperoleh kategori tinggi (98,5%), sedangkan self-esteem siswa memperoleh kategori tinggi (96,4%). Sementara kasus demotivasi belajar kategori sedang (40,75%) dan fenomena bullying kategori (48%). Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa tingginya pelaksanaan PDA dan tingkatan self-esteem siswa yang tinggi dapat dijadikan antisipasi positif terhadap demotivasi belajar dan fenomena bullying di lingkungan sekolah dasar.