Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan efektifitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Kelas VI Sekolah Dasar Pontianak Barat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadopsi model Kemmis dan McTaggart yang diimplementasikan dalam dua siklus. Pengumpulan data melibatkan 31 murid melalui teknik observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas perencanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari skor 89,47 pada Siklus I menjadi 97,36 pada Siklus II, yang menunjukkan perkembangan kemampuan guru dalam merancang skenario pembelajaran digital. (2) Implementasi pembelajaran di kelas semakin matang, dengan skor observasi meningkat dari 87,06 menjadi 90,51, didorong oleh kemampuan guru yang semakin terampil dalam mengeksplorasi fitur-fitur interaktif platform tersebut. (3) Terjadi peningkatan hasil belajar murid dengan nilai N-Gain 0,34 dalam kategori sedang, ditandai dengan kenaikan nilai rata-rata dari 67,26 pada pre-test menjadi 77,90 pada post-test. Secara konseptual, temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan Google Sites tidak hanya sekadar meningkatkan hasil kognitif, tetapi lebih jauh berpotensi memperkuat student agency dan mendorong terjadinya deep learning dengan memberikan ruang bagi murid untuk mengelola pembelajarannya secara lebih mandiri di tingkat sekolah dasar.

Keywords

Efektivitas Pembelajaran, Google Sites, Media Pembelajaran Digital, IPAS Sekolah Dasar.

Article Details

How to Cite
Lestari, A., Ariyanti, A., & Munawar, M. (2025). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran IPAS Menggunakan Google Sites di Sekolah Dasar Wilayah Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(4), 736-749. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i4.2684