Main Article Content

Abstract

Teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan di era digitalisasi saat ini. Berbagai media pembelajaran berbasis teknologi mulai diterapkan untuk meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar. Seperti halnya Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan SosialĀ  di tingkat pendidikan dasar yang membutuhkan media pembelajaran yang interaktif sekaligus menarik, supaya siswa bisa memahami pelajaran dengan lebih mudah, terutama pada materiĀ  yang bersifat abstrak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menampilkan materi ajar melalui video interaktif menggunakan audio visual yang menarik dalam pembelajaran yang mampu memantik minat belajar siswa, sehingga berdampak positif pada peningkatan pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis Canva yang valid dan menarik untuk materi metamorfosis pada mata pelajaran IPAS kelas III SD. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket, yang selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi oleh validator ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran, video pembelajaran yang dikembangkan skor rata-rata 92,56 % dengan kategori sangat valid. Uji coba kemenarikan video pembelajaran dilakukan di kelas III SDI Bahrul Maghfiroh yang berjumlah 12 siswa. Dari uji coba tersebut, tingkat kemenarikan video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat menarik dengan skor sebesar 90,89%.

Keywords

Video Pembelajaran Metamorfosis ADDIE

Article Details

How to Cite
Nasir, M., Aluf, W. A., Nazihah, N., & Sutiah, S. (2025). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Metamorfosis Menggunakan Model ADDIE di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(4), 750-759. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i4.2694