Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya uji model PjBL berbasis ESD terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep “Krisis Iklim” pada peserta didik fase B sekolah dasar untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari uji yang diberikan.  Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metodologi penelitian kuantitatif jenis pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 25 peserta didik fase B, khususnya kelas IV dengan penelitian yang berlokasi di SD Negeri 2 Cimareme. Adapun penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan berbantuan instrumen penelitian yang dibutuhkan, yaitu dengan menggunakan instrument tes dalam bentuk pre-test dan post-test yang didasari atas hasil sebelum dan sesudah dilakukannya treatment atau perlakuan sebanyak 13 butir soal dalam bentuk uraian dan isian serta pedoman wawancara yang berisi daftar pertanyaan terbuka yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL berbasis ESD efektif untuk diterapkan dengan adanya data peningkatan nilai rata-rata antara skor pre-test dan post-test menggunakan uji normalitas gain (N-gain) sebesar 0,79, dengan kategori efektivitas yang sangat tinggi, hal ini juga tentunya berhubungan dengan hasil pra-penelitian wawancara yang menyatakan bahwa kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariatif hingga berpengaruh pada pemahaman konsep peserta didik. Simpulan dari penelitian ini adalah uji dari model PjBL berbasis ESD dikatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam materi perubahan iklim. Rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini adalah perlunya pendidik dalam mengimplementasikan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dan nilai-nilai berkelanjutan pada sekolah dasar.

Keywords

Model PjBL berbasis ESD Education for Sustainable Development kemampuan pemahaman konsep perubahan iklim

Article Details

How to Cite
Br Ginting, L. C., Nuryani, P., & Desriana, S. N. F. (2025). Model PjBL Berbasis ESD dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep “Krisis Iklim” Pada Peserta Didik Fase B . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(4), 584-598. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i4.2740