Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas media ulartangga etnomatematika dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Media ini dirancang dengan menggabungkan permainan tradisional ulartangga dan unsur budaya lokal berupa visualisasi rumah adat Nusantara yang dikaitkan dengan konsep bangun datar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dilaksanakan di SD Negeri Ungaran 1 dan SD Negeri Sayidan Yogyakarta dengan melibatkan siswa kelas III sebagai subjek. Instrumen pengumpulan data meliputi angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada seluruh indikator minat belajar siswa, yakni perhatian terhadap materi, keterlibatan aktif, perasaan senang saat belajar, dan keinginan untuk terus belajar matematika. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, bermakna, dan kontekstual karena siswa merasa dekat dengan materi yang disampaikan melalui pendekatan budaya. Selain itu, guru merasa terbantu dalam menciptakan suasana kelas yang lebih interaktif dan komunikatif. Media ini sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berdiferensiasi, berbasis proyek, serta penguatan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Dengan demikian, media ulartangga etnomatematika dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika yang tidak hanya meningkatkan minat belajar, tetapi juga menumbuhkan apresiasi terhadap warisan budaya lokal.

Keywords

Etnomatematika Ular Tangga Minat Belajar Matematika Budaya Lokal Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Indrawati, T., Puspitasari, E., Sukiyanto, S., & Pardimin, P. (2025). Penerapan Media Ulartangga Etnomatematika untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 6(4), 689-697. https://doi.org/10.51494/jpdf.v6i4.2771