Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan implementasi asesmen kinerja terhadap karakter dan literasi sains siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 170 siswa dan sampel berjumlah 78 siswa. Penetapan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan eksperimen Single Factor Independent Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk karakter dan pengumpulan data literasi sains menggunakan tes objektif. Data dianalisis menggunakan multi analisis varians. Hasil penelitian menunjukkan, (1) nilai F=13,419., p 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan karakter siswa yang mengikuti pembelajaran asesmen kinerja dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik. (2) nilai F=15,797., p 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran asesmen kinerja dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik. (3) nilai F=14,182., p 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan karakter dan literasi sains secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan karakter dan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik menggunakan asesmen kinerja dan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik menggunakan konvensional di kelas IV MIN 2 Konawe Selatan.

Keywords

Asesmen Kinerja, Karakter, Literasi Sains

Article Details

How to Cite
Amri, N. (2020). PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN KINERJA TERHADAP KARAKTER DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV MIN 2 KONAWE SELATAN. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 1(2), 40-48. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i2.293