Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up dalam keterampilan menulis deskripsi dan  pengaruh penggunaan media pop-up terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SDIT At-Taqwa Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Rancangan penelitianyang digunakan adalah  one  group  pretest-posttest design.


Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes (pretest dan posttest). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penggunaan media pop-up dalam pembelajaran menulis deskripsi dan soal tes tentang deskripsi. Teknik analisis data dimulai dari uji validitas instrumen observasi dan instrumen tes.


Data yang diperoleh diolah dengan statistik parametrik dan uji-t. Pada uji-t diperoleh hasil  diketahui bahwa harga thitung lebih besar daripada harga ttabel (10,027 > 2,060). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pop-up terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa.

Keywords

Media pop-up, keterampilan menulis deskripsi

Article Details

How to Cite
Tanalinal Khasna, F., & Syahril Muh, A. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRISI TEMA BUMI DAN ALAM SEMESTA SISWA KELAS III SDIT AT-TAQWA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 1(2), 49-59. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i2.295