Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up dalam keterampilan menulis deskripsi dan pengaruh penggunaan media pop-up terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SDIT At-Taqwa Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Rancangan penelitianyang digunakan adalah one group pretest-posttest design.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes (pretest dan posttest). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penggunaan media pop-up dalam pembelajaran menulis deskripsi dan soal tes tentang deskripsi. Teknik analisis data dimulai dari uji validitas instrumen observasi dan instrumen tes.
Data yang diperoleh diolah dengan statistik parametrik dan uji-t. Pada uji-t diperoleh hasil diketahui bahwa harga thitung lebih besar daripada harga ttabel (10,027 > 2,060). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pop-up terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa.