Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media gambar pada pelajaran matematika pada siswa kelas III SDN 8 Jurit. Hal ini sesuai psikologis siswa yakni diumur kelas III sekolah dasar siswa lebih aktif bermain ketimbang belajar, atas dasar inilah peneliti menawarkan media gambar sebagai solusi untuk menggabungkan antara karakter siswa dengan tunjuan dan keberhasilan dalam pembelajaran yang diinginkan oleh setiap guru.


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus secara bertahap yakni perencaraan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi dengan menggukan lembar observasi aktifitas siswa dan lembar evaluasi hasil belajar siswa dalam empat kali pertemuan.


Hasil penelitian ini menunjukkan prestasi belajar matematika pada sub bahasan perkalian pada siswa kelas III SDN 8 Jurit tahun 2015/2016 meningkat terlihat pada setiap pertemuan dan siklus. Pada pertemuan I siklus I ketuntasan siswa hanya mencapai 9.5 % dengan nilai aktifitas siswa dengan skor 9 masih tergolong kurang aktif sedangkan pertemuan ke II siklus I terjadi peningkatan 52.96 % dengan nilai aktifitas siswa 13 tergolong cukup aktif.


Pada siklus II setalah diadakan perbaikan dalam pendekatan pembelajaran pertemuan I nilai ketuntasan siswa mencapai 59.37 % dengan nilai aktifitas siswa dengan skor 17 tergolong cukup aktif kemudian I pertemuan ke II siklus II nilai ketuntasan siswa 90.62 % dan nilai aktifitas siswadengan skor 22 tergolong sangat aktif. Dan penelitian dengan menggunakan media gambar pada sub bahasan perkalian dinyatakan berhasil dari standar ketuntasan klasikal yang sudal ditetapkan peneliti yakni 85 % sehingga penelitian ini tdak dilanjutkan pada siklus beritkutnya.

Keywords

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Media gambar

Article Details

How to Cite
Hilman. (2021). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB BAHASAN PERKALIAN DENGAN MENGGUKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN 8 JURIT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 2(2), 218-225. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.364