Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VB melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS di MI As-Syafi’iyah. Populasi penelitina ini berjumlah 48 siswa dan sampel bejumlah 23 siswa. Penetapan sampel dilakukan dengan teknik Random sampling. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus, subjek penelitian siswa kelas VB MI As-Syafi’iyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini, dibuktikan dengan hasil uji tes ketuntasan belajar secara klasikal. Angka persentasi hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 73.33% dengan rata-rata 7.71, siklus ke II meningkat menjadi 94.44% dengan rata-rata 8.87. Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

: Learning Outcomes, Cooperative, Number Heads Together

Article Details

How to Cite
Amri, N. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VB DI MI AS-SYAFI’IYAH. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 2(2), 180-186. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.381