Main Article Content

Abstract

Pembelajaran daring merupakan satu-satunya cara untuk melaksanakan Pendidikan selama pandemi Covid-19. Kerja kelompok selama pembelajaran daring, dimana mahasiswa tidak dapat bertemu secara tatap muka menjadi kurang efektif dan dapat menimbulkan penurunan kinerja individu dibandingkan ketika bekerja secara mandiri, yang biasa disebut social loafing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap social loafing calon guru Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surabaya Angkatan 2019. Teknik analisis dilakukan dengan penyajian data setelah diolah menggunakan Microsoft Excel dan dideskripsikan secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat indikasi calon guru terhadap social loafing dalam kerja kelompok secara daring.

Keywords

Covid-19, Sains Sekolah Dasar, Pembelajaran Daring, Social Loafing, Calon Guru

Article Details

How to Cite
Naila, I. (2021). PERILAKU SOCIAL LOAFING DALAM PEMBELAJARAN DARING: STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 2(1), 136-141. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.417