Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mendiskripsikan budaya sekolah, faktor pendukung dan penghambat, serta peran siswa dalam mewujudkan sekolah sehat nasional di (sekolah dasar) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta.Narasumber dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah (WKS) kurikulum, siswa, dan petugas unit kesehatan sekolah (UKS). Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian menggunakan model interaktif sebagi teknik analisis yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah mewujudkan sekolah sehat nasional melalui budaya sekolah dengan didasarkan pada kebijakan sekolah dan berpartisipasi seluruh warga sekolah dalam berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Kegiatan siswa mulai dari mencuci tangan, mengkonsumsi makanan sehat, ibadah bersama, berolahraga, membuang sampah pada tempatnya, sekolah bebas rokok, menjaga kebersihan toilet, piket kelas, kerja bakti, lomba kebersihan kelas, dan pemeriksaan jentik nyamuk. Faktor pendukung terdiri dari warga sekolah yang aktif, sarana dan prasarana memadai, kerjasama dengan pihak profesional. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya pembiasaan hidup sehat dan banyaknya pedagang jajanan sekolah yang kualitasnya belum sesuai. Peran siswa dalam penyelenggaraan sekolah sehat nasional yaitu menjaga kebersihan lingkungan sekolah, kelas, dan diri pribadi

Keywords

Budaya Sehat Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Tria Vilian, M., & Minsih. (2021). BUDAYA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH SEHAT NASIONAL DI SD MUHAMMADIYAH 1 KETELAN SURAKARTA. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 2(1), 152-161. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.419