Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lambannya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya sebagian Wilayah Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Menurunnya nilai kelulusan terjadi karena beberapa penyebab, di antaranya semangat mengajar guru. Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap semangat mengajar guru SDN se-Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Dari populasi 294 orang didapatkan sampel sebanyak 169 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling yang tersebar di 30 sekolah. Data dikumpulkan melalui angket. Instrumen pada angket dilakukan Uji Validitas dan Reliabilitas. Selanjutnya data dilakukan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Linieritas, kemudian data dianalisis dengan regresi dengan taraf signifikansi 0,05 dan besar kontribusi dari R Square.  Hasil analisis regresi diketahui: Terdapat kontribusi yang signifikan dari perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap Semangat Mengajar guru SDN se-Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala, dengan besar koefisien determinasi R2(R square) sebesar 0,031 (3,1%)  termasuk dalam kategori sedang.

Keywords

Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Semangat Mengajar

Article Details

How to Cite
Fazariah Handayani, N. (2021). KONTRIBUSI PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP SEMANGAT MENGAJAR GURU. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 2(1), 162-168. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.420