Main Article Content

Abstract

Keterampilan mengajar merupakan keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh seorang guru atau pengajar agar dalam melaksanakan tugasnya dapat secara efektif, efisien, dan professional. Terdapat 8 keterampilan dasar dalam mengajar antara lain yaitu, keterampilan bertanya, keterampilan  memberi penguatan, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, keterampilan membimbing kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Keterampilan mengajar menjadi salah satu aspek penting dalam kompetensi guru yang harus dikuasai. Salah satu dari delapan keterampilan mengajar yaitu keterampilan memberikan penguatan terkadang terlupakan diterapkan guru sehingga pencapaian tujuan yang diinginkan tidak sesuai dengan harapan. Pembelajaran mikro memiliki tujuan untuk membantu mengembangkan keterampilan mengajar sehingga dapat dijadikan sebagai bekal mengajar di sekolah atau di lapangan. Kegiatan simulasi atau evaluasi mengajar mahasiswa PGSD semester 6 UMP (Universitas Muhammadiyah Purworejo) dengan pemberian teori keterampilan dasar mengajar terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan perancangan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kemampuan keterampilan memberi penguatan pada mahasiswa PGSD semester IV kelas B tahun akademik 2020/2021 dalam mata kuliah pembelajaran mikro.  Berdasarkan analisis data perolehan nilai rata-rata keterampilan memberi penguatan mahasiswa PGSD semester 6 tahun akademik 2020/2021 kelas B adalah 65,58, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan yang dimiliki mahasiswa PGSD semester 6 termasuk pada kategori baik.

Keywords

Keterampilan mengajar memberi penguatan

Article Details

How to Cite
Windyantika, N., & Ngazizah, N. (2021). EVALUASI KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN OLEH MAHASISWA PGSD SEMESTER VI MATA KULIAH PEMBELAJARAN MIKRO PADA MATERI TEMA 6 KELAS 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 2(2), 214-217. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.456