Main Article Content

Abstract

Abstrak: Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode drill (latihan) dalam pengajaran perbaikan pada anak diskalkulia. Penelitian ini menggunakan library research untuk pengumpulan datanya. Gangguan berhitung atau diskalkulia dalam penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa dari kelas bawah hingga kelas atas masih ditemukannya siswa yang mengalami gangguan berhitung. Dengan begitu perlu adanya solusi dalam peningkatan belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam kemampuan berhitung. Dari hasil study literatur menunjukkan hasil metode drill dalam proses pembelajaran perubahan pada nilai siswa, selain itu metode drill juga berhasil meningkatkan keaktifan siswa di kelas. Pengajaran perbaikan dalam usaha membantu siswa yang mengalami gangguan berhitung untuk meningkatkan kemampuan mereka. Sehingga dalam implementasi pengajaran perbaikan dengan metode drill akan meningkatkan kemampuan siswa dalam berhitung dan akan mengurangi anak kesulitan berhitung (diskalkulia).


 


 


Abstract:  This study aims to determine the effectiveness of the drill method (exercise) in teaching improvement in dyscalculia children. This research uses library research for data collection. Counting disorders or dyscalculia in previous studies showed that from the lower grades to the upper grades, students with numeracy disorders were still found. Thus, there is a need for solutions in improving learning to improve students' ability to count. From the results of the literature study, the results of the drill method in the learning process changed students' grades, besides that the drill method also succeeded in increasing student activity in the classroom. Corrective teaching in an effort to help students with numeracy disorders to improve their abilities. So that the implementation of improved teaching with the drill method will improve students' ability to count and will reduce children's difficulty in counting (dyscalculia).

Keywords

Metode Drill Pengajaran Perbaikan Diskalkulia

Article Details

How to Cite
Hazima, A. (2022). EFEKTIVITAS METODE DRILL DALAM PENGAJARAN PERBAIKAN ANAK DISKALKULIA. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 3(2), 338-343. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.651