Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana program kampus mengajar dapat mentransformasi kemampuan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi peserta didik di SD.  Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara. Wawancara dilakukan kepada 10 orang mahasiswa yang yang tersebar di 10 SD. Teknik analisis dalam penelitian ini terdiri dari data collection, data,reduction , data display, dan conclutions. Hasil penelitian menggambrakan kontribusi mahasiswa kampus mengajar dalam mengakselerasi kemampuan numerasi dan literasi melalui kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dengan menggunakan metode dan media yang menyenangkan, melakukan private bahasa inggris secara online, medampingi peserta didik dalam kegiatan membaca dan berhitung. Sedangkan terkait dengan adaptasi teknologi peserta didik diperkenalkan dan didampingi penggunakan computer/laptop, penggunaan google form, google meet, Zoom. Selain itu mahasiswa kampus mengajar membantu guru dalam menyiapkan administrasi pembelajaran.

Keywords

Transformasi Mutu Pendidikan Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Bali, E. N., Bunga, B., & Kale, S. (2022). KAMPUS MENGAJAR: UPAYA TRANSFORMASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 3(1), 237-241. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.658