Main Article Content
Abstract
Karya ilmiah ini memiliki tujuan untuk menjabarkan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada aktifitas pembelajaran IPA kelas V di salah satu SD di Ampel Boyolali. Karya ilmiah ini berjenis kualitatif untuk secara sistematis dan logis menggambarkan fenomena implementasi model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran IPA ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme. Penelitian dilaksanakan di salah satu SD di Ampel Boyolali. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, studi dokumen, dan focussed group discussion. Kemudian analisis data dilakukan dengan tahapan data reduksi, display data, drawing conclusion dan verifikasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa: 1) perencanaan meliputi penyusunan prota, promes, silabus, Kriteria Ketuntasan Minimal, lesson plan, dan penyiapan bahan ajar, 2) pelaksanaan pembelajaran dengan model jigsaw dilaksanakan dengan cara membagi kelas menjadi kelompok dengan topik permasalahan yang sama, menggali informasi dan memperdalam materi dengan buku sumber, berdiskusi dalam kelompok ahli, berdiskusi dengan kelompok asal tentang seluruh topik permasalahan, dan guru memberikan feedback, kesimpulan dan penilaian, dan 3) penilaian pembelajaran dengan tes dilakukan dengan tertulis dan lisan. Penilaian non tes dilaksanakan dengan observasi saat kegiatan pembelajaran berlangsung, yaitu keaktifan siswa dan sikap siswa selama berdiskusi. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menunjukkan hasil belajar siswa meningkat dan siswa semakin aktif. Hal ini sesuai dengan perspektif progresivisme bahwa pembelajaran di kelas harus menghasilkan perubahan diri siswa menjadi pribadi tangguh, mampu mengatasi persoalan dan beradaptasi dengan lingkungan sosial.