Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan sumber belajar berbasis budaya lokal yang dialami guru SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD di Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Guru yang dijadikan subjek oleh peneliti adalah untuk memperoleh data mengenai kepemimpinan guru, kinerja guru serta kegiatan-kegiatan guru yang dibuat dalam rangka membentuk perubahan sekolah. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah sumber belajar yang ada di SD Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Dalam proses pembelajaran di sekolah guru-guru sangat membutuhkan sumber belajar berbasis budaya lokal sebagai alat bantu. Sumber belajar berbasis budaya lokal di SD yang ada di Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada ada bermacam-macam yaitu suling (seruling), go laba (gong gendang), bombardom, foi doa, dan angklung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa beragam jenis sumber belajar telah digunakan dan di manfaatkan di SD yang ada di Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada secara baik dan benar. Dengan demikian, sumber belajar berbasis budaya lokal sangat penting bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.