Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikarenakan banyak materi yang bersifat abstrak khususnya pada materi gemar membaca serta keterbatasan dalam penggunaan media pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui media pembelajaran video animsi interaktifyang layak digunakan pada materi kegemaranku di kelas 1 Mis Al-Fitrah Oesapa.(2) Mengetahui keefektifan media pembelajaran video animasi interaktif yang dikembangkan pada materi kegemaranku di kelas 1 Mis Al-Fitrah Oesapa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pengembangan (R&D). Subjek penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas I Mis Al-Fitrah Oesapa Tahun Ajaran 2021/2022. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran video animasi interaktif, instrumen penelitian yang digunakan adalah (a) lembar kuesioner validasi produk media pembelajaran video animasi interaktif dan perangkat pembelajaran, (b) lembar kuesioner untuk mengukur kepraktisan media pembelajaran video animasi interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Prosedur dan pengembangan media pembelajaran video animasi interaktif untuk peserta didik kelas I Mis dimodifikasi kedalam tiga tahap yaitu Define, Design, dan develop. (2) Validasi media pembelajaran video animasi interaktif memiliki kualitas “sangat valid†dengan perolehan skor sebesar 4,20 penilaian kepraktisan pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi ingteraktif mendapatkan rata skor sebesar 90 dari skor maksimal 100 dan masuk kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi interaktif memiliki kualitas yang baik dan dapat membantu peserta didik memahami materi pembelajaran Bahasa Indonesia.