Main Article Content
Abstract
Model pembelajaran berbasis proyek merupakan variasi pembelajaran yang melibatkan kerja proyek dengan manajemen guru yang dikerjakan siswa. Dalam pembelajaran tersebut membutuhkan suatu pemikiran yang lebih mendalam karena tugas siswa membuat suatu hasil karya. Psikomotorik berkaitan dengan tindakan dan keterampilan. Penelitian yang dilakukan oleh pendidikan ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan pembelajaran berbasis proyek yang disesuaikan dengan kegiatan yang mengasah keterampilan peserta didik sesuai dengan usia pengembangan sekolah dasar. Psikomotorik berkaitan dengan tindakan dan ketrampilan. Penelitian yang dilaksanakan didikan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis proyek yang disesuaikan dengan aktivitas yang mengasah keterampilan peserta didik sesuai dengan usia perkembangan sekolah dasar. Metode pengambilan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini menampilkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat diajarkan sesuai dengan jenjang kelas sekolah dasar sesuai dengan perkembangan psikomotoriknya.