Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran guided inquiry berbasis LKS terhadap hasil belajar IPA dikelas V SD Negeri Oeba 3 Kota Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan rancangan penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest design yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Dimana variabel bebas adalah  model guided inquiry sedangkan variabel terikat hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri Oeba 3 Kota Kupang yang terdiri atas 1 kelas berjumlah 30 orang peserta didik, Dengan sampelnya jumlah 15 peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk mengetahui uji normalitas, homogenitas dan uji-t untuk menguji hipotesis. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS Versi 22,0 For windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar peserta didik yang digunakan model guided inquiry lebih baik dari pada pembelajaran menggunakan pedekatan konvesional. Hal ini dapat dilihat pada tes awal (Pretest) nilai mean 70,04, sedangkan penggunaan model pembelajaran guided inquiry dapat dilihat pada tes akhir (Posttest) dengan mean 78,44 lebih besar dari pembelajaran dengan menggunakan metode konvesional. Hal ini juga dapat dilihat pada tes uji- t hasil perhitungan ini didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,000 kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak maka maka H1 diterima karena  Sig (2-tailed) kurang dari 0,05. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbasis LKS dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar IPA peserta didik pada materi perubahan wujud benda secara signifikan.

Keywords

Model guided inquiry LKS Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Menge, F., Aiman, U., & Reynaldo. (2022). PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN LKS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 3(1), 288-293. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.667