Main Article Content

Abstract

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang membosankan di sekolah dasar. Salah satu penyebabnya adalah karena IPS memiliki banyak mata pelajaran yang membutuhkan hafalan, dan banyak anak SD yang malas meskipun diminta untuk menghafal. Pada akhirnya, hal ini berdampak pada buruknya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam memilih metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan metode pembelajaran mind mapping. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk berperan aktif dan berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan.


Mind mapping adalah alat berpikir kreatif yang mencerminkan cara kerja otak, yang meliputi dua belahan otak, yaitu belahan kanan dan kiri. Metode ini menggabungkan warna, simbol, dll., untuk membantu otak menyerap informasi yang diterimanya. Metode pembelajaran mind mapping menuntut siswa untuk aktif mencari ilmunya. Dengan kata lain, siswa membuat media pembelajarannya sendiri untuk membuat pembelajaran menjadi bermakna.


 

Keywords

Metode Mind Mapping, IPS, Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Qiftidhaia, S., Aulia Dewi, Y., & Setiawan, H. (2022). METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI POKOK GIZI SEIMBANG PADA SISWA KELAS IV-B SD NEGERI KEBRAON II /437 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 3(2), 319-321. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.774