Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang dengan menerapkan model pembelajaran experiential learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang dengan jumlah siswa 26 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklsus terdiri atas tahap perencanaan, pelakasnaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, aktivitas siswa, angket dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan tes hasil belajar, pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA di peroleh sebesar 66,9% dengan kategori cukup. Selanjutnya pada siklus II rata-rata hasil belajar IPA di peroleh sebesar 80% dengan kategori sangat baik. Hal ini dapat di simpulkan bahwa penerapanĀ model experiential learning dapat meningkatkaan hasil belajar siswa pada tema 6 panas dan perpindahannya kelas V SD Muhammadiyah 1 Kota KupangĀ Tahun Ajaran 2021/2022.