Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Penerapan Metode Eksperimen dengan pendekatan Kontekstual, untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Energi Dan Perubahanya Kelas III SD Inpres Oebobo 1 Kota Kupang. Metode dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi siswa dan lembar evaluasi tes. Lembar observasi aktivitas guru teknik analisis data yang digunakan mengunakan rumus presentase. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I memproleh presentase sebesar 73,8% (cukup baik) dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 94,6% (sangat baik). Sedangkan hasil belajar peserta didik yang di peroleh siklus I 8 orang yang tuntas dengan ketuntasan 53,3% dan yang tidak tuntas 7 peserta didik dengan peresentase sebesar 46,6%  dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 13 peserta didik dengan ketuntasan sebesar 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode eksperimen dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords

Metode Eksperimen Pendekatan Kontekstual Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Tanalinal Khasna, F., Amelia Ramadhaniyah Ahmad, R., & Nuriyah. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS II SD KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 3(2), 353-358. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.782