Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan pengamatan, bahwa dalam pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga atau media pembelajaran saat proses pembelajaran sehingga siswa kurang memahami konsep materi metamorfosis jadi hasil belajar siswa rata-rata masih dibawah KKM 85, hanya 10% siswa yang tuntas dari seluruh siswa.. Dari penelitian ini menyimpulkan hasil pengembangan media TEMAN BELAJAR menggunakan data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan mendapatkan hasil sebagai berikut, (1) Media Teman Belajar sudah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dan dinyatakan valid, dengan presentase kevalidan ahli media 90% dan ahli materi 88% yang termasuk kriteria kevalidan yang valid boleh digunakan setelah revisi kecil, (2) kepraktisan media Teman Belajar dinyatakan praktis berdasarkan angket dari respon guru 96,66%  dan angket respon siswa 90% yang termasuk kriteria yang sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi. (3) keefektifan media Teman Belajar dinyatakan efektif berdasarkan post test memperoleh rata-rata 92,59%  yang menyatakan bahwa media Teman Belajar yang dikembangkan sudah efektif berdasarkan hasil nilai di atas KKM yang telah di tentukan yaitu 85.

Keywords

Media Teman Belajar Materi Metamorfosis

Article Details

How to Cite
MA’ARIF, M. R., Mukmin, B. A., & Putri , K. E. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA “TEMAN BELAJAR” MATERI METAMORFOSIS BERBASIS MACROMEDIA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(1), 381-388. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.819