Main Article Content
Abstract
Masih banyak siswa yang belum memahami penggunaan media sosial yang berdampak rendahnya perilaku belajar siswa di sekolah. Masih ada sejumlah siswa dari kelas IV hingga kelas VI di MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro lebih cenderung waktunya dihabiskan dengan menonton video lucu-lucuan di aplikasi TikTok. Disamping itu, beberapa wali murid terkadang mengeluhkan keseringan anak mereka bermain HP hingga lupa waktu untuk belajar. Penelitian ini bertujuan, antara lain 1) Untuk mendeskripsikan tingkat penggunaan sosial media TikTok oleh siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro, 2) Untuk mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh sosial media TikTok terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan secara kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media sosial TikTok siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro termasuk tinggi, 2) Kedisiplinan belajar siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro termasuk rendah, dan 3) Sosial media TikTok berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro.