Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan pedagogi pada kurikulum merdeka belajar disekolah dasar. Penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan, data yang di gunakan atau di pakai ialah data sekuuder dimana menelaah apa yang telah di baca dan di kumpul kan untuk melengkapi kebutuhan data penelitian. Sumber data yang di lakukan yaitu tidak lansung oleh peneliti ke lapangan melainkan apa yang telah di telaah, baca dan di kumpul kan teknik ini di gunakan lebih berfokus ke apa yang telah di baca, di kumpulkan melalui media seperti buku, jurnal, serta catatan sejarah lainnya. Pada kurikulum merdeka belajar guru dan siswa memiliki kebebasan dalam berpikir dan juga berinovasi. Pedagogi pada umumnya dikenal dengan penguasaan dalam memahami teori belajar, baik dari segi pengembangan peserta didik, cara interaksi murid dengan guru, serta evaluasi dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan yaitu kurikulum merdeka belajar menjadikan siswa belajar secara mandiri, aktif dan juga kreatif. Penerapan pedagogi yang ditemukan yaitu: guru mampu memberikan rasa tenang kepada siswa, memberikan kewibawaan, bersedia memberikan bantuan kepada siswa, dan juga memperhatikan minat anak. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa penerapan pedagogi pada kurikulum merdeka belajar disekolah dasar sudah terlaksana dengan baik dan penerapan kurikulum merdeka belajar membantu guru maupun siswa merdeka dalam belajar, berpikir, bebas berinovatif dan kreatif, serta lebih tenang dalam menjalankan kegiatan pembelajaran.

Keywords

Kata kunci : Implementasi pedagogi, kurikulum belajar mandiri, dan sekolah dasar

Article Details

How to Cite
Rahma, M., Wahyuni, N., & Purba, K. A. (2023). IMPLEMENTASI PEDAGOGI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DISEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(1), 477-480. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.835