Main Article Content
Abstract
Pembelajaran matematika perkalian dan pembagian merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai peserta didik. Hanya saja kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan perkalian dan pembagian peserta didik masih rendah dan kurangnya media yang mendukung dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yakni untuk menghasilkan produk berupa media papan misteri untuk kemampuan penjumlahan perkalian dan pembagian siswa kelas III SD. Penelitian ini diklasifikasika ke dalam penelitian pengembangan yang dilakukan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli media, ahli materi, dan 9 peserta didik kelas III SD. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan angket kuisioner. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara, validasi penilaian ahli media, dan materi, lembar respon siswa, lembar tes dengan teknik pretest dan posttest. Data yang didapat pada penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan data deskriptif kualitatif berdasarkan wawancara dan observasi kemudian dikuantitatifkan berdasarkan angka-angka yang diperoleh dari skor uji NGain guna mengetahui efektivitas media papan misteri untuk kemampuan perkalian dan pembagian peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase hasil analisis ahli media, materi, dan bahasa 82,2% termasuk ke dalam kategori layak. Kemudian, tanggapan peserta didik sangat baik saat menggunakan media papan mister sebagai media pembelajaran dengan presentase 94%. Hasil N-gain tes peserta didik termasuk ke dalam kategori peningkatan sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keseluruhan media papan misteri layak digunakan untuk kemampuan perkalian dan pembagian peserta didik.