Main Article Content

Abstract

Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CORE pada materi perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan hasl belajar IPA siswa kelas Va SD Muhammadiyah 2 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model kemmis dan McTanggart dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan melalui tiga tahapan yakni pengumpulan data, penyajian data, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas Va SD Muhammadiyah 2 Kupang setelah diterapkan model pembelajaran CORE terlihat nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 75,48. Persentase siswa yang mencapai KKM pada siklus 1 yaitu 28% mengalami peningkatan 100% sedangkan pada ranah afektif dan ranah psikomotorik siswa pada siklus 2 yaitu 82% dan 96% dibandingkan dengan siklus 1 yaitu 76,32% dan 77%.

Keywords

Model CORE, Hasil Belajar IPA

Article Details

How to Cite
Kenedi, & Muhsam, J. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTINGORGANIZING REFLECTING DAN EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN OEBA 3 KUPANG . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(1), 429-436. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.851