Main Article Content

Abstract

: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir siswa yang masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Problem Based Learning berdampak pada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD Inpres Kampung Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment, pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan random sampling. Instrumen untuk pengumpulan data adalah tes dalam bentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji N-gain menggunakan Jamovi 2.3.2 for windows. Dari hasil penelitian dan pembahasan, maka uji Independet Sample T-test nilai sig.(2-tailed) 0,002 < 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Sedangkan hasil uji N-gain nilai rata-rata kelas eksperimen 70.3 dan kelas kontrol 50.7676 dalam keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model Problem Based Learnig lebih baik. Jadi, ada perbedaan yang signifikan antara hasil keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen yang menerapkan Problem Based Learning dan kelas kontrol yang menerapkan metode konvensional. Hal ini terbukti bahwa perlakuan yang berbeda akan mendapatkan hasil yang berbeda pula.

Keywords

Problem Based Learning Keterampilan Berpikir Kritis

Article Details

How to Cite
Yampap, U., & Hasyda, S. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(1), 437-443. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.853