Main Article Content
Abstract
Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah dasar dengan penedekatan kearifan lokal tanaman faloak (Sterculia quadrifida R.Br). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) terhadap siswa dalam suatu kelas. Kegiatan pengolahan data dan analisis statistik yang dilakukan dengan bantuan program SPSS. Dalam penelitian ini menggunakan analisis varian multivariat yang diterjemahkan dari multivariate analsis of variance (MANOVA) satu jalur. Hasil menunjukkan sebagian besar skor siswa pada prettes cenderung rendah. rata-rata skor yang diperoleh pada prettest rata-rata 73,84, nilai tengah (median) 74,00, serta frekuensi kelompok (Modus) sebesar 75,00, nilai 5,909 adalah standar deviasi dan Varians 16,889. Rata-rata siswa kelas posttest berkisar antara rata-rata 81,00, nilai tengah 81,00, serta frekuensi kelompok (modus) sebesar 82,00. Nilai 5,909 adalah standar deviasi dan 34.918 adalah Varians. Hal ini menujukkan hasil posttest kelas literasi sains berada pada kategori sangat tinggi/sangat besar dibandingkan kelas pretest.sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berasaskan kearifan mampu meningkatkan literasi sains pada siswa sekolah dasar Oeba 3 Kota Kupang.