Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (i) keterlaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SD Negeri 1 Kaobula; (ii) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SD Negeri 1 Kaobula; dan (iii) pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SD Negeri 1 Kaobula. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (Quasi Eksperimental). Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Kaobula yang berjumlah 29 siswa tahun ajaran 2022/2023. Teknik sampling menggunakan sampling sistematis sehingga ditetapkan sampel semua siswa dari kelas IV yang berjumlah 29 orang. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kaobula terlaksana dengan sangat baik; Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kaobula, yaitu nilai rata-rata pada posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest; Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa siswa kelas IV SD Negeri 1 Kaobula.

Keywords

Project Based Learning; Learning Outcomes

Article Details

How to Cite
Hartinawanti, & Doni, L. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KAOBULA. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(1), 1-10. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.917