Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SDI Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Rutosoro dengan jumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 12 orang siswa perempuan dan 18 orang siswa laki-laki. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar IPA berupa tes objektif (pilihan ganda). Data hasil tes dianalisis secara statistik deskriptif kuantitatif. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada pra tindakan mencapai rata-rata 45,16 dan ketuntasan klasikalnya sebesar 13,33%. Pada siklus I hasil belajar siswa belum mencapai KKM, dimana rata-rata hasil belajar IPA sebesar 46,66 berada pada kategori sangat tidak baik dan ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 16,66%. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa sudah mencapai KKM dengan rata-rata hasil belajar IPA sebesar 79 berada pada kategori baik dan ketuntasan klasikal sebesar 93,33%. Kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 32,34% dan rata-rata total peningkatannya sebesar 62,82 atau 51,48%, sedangkan kenaikan ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 76,67%. Dari hasil analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDI Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada.

Keywords

Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Hasil belajar

Article Details

How to Cite
Sayangan, Y. V., Noge, M. D., & Itu, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas V SDI Rutosoro . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(2), 527-534. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.930