Main Article Content

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik. Tahapan kegiatan dalam pendekatan saintifik adalah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan pendekatan saintifik pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik kelas 2 di SD Taquma Surabaya. Teknik pengumpulan data adalah observasi proses pembelajaran, wawancara kepada guru tematik kelas II, dan dokumentasi saat proses pembelajaran. Data pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikumpulkan akan dikelompokkan dan dianalisis sesuai dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 32 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebanyak 60% telah dilaksanakan sesuai dengan pendekatan saintifik, sedangkan 40% belum terlaksana.

Keywords

Pendekatan Saintifik RPP Kurikulum 2013 Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Siti Rodliyah Eka Agustina, Falia Rizma Safitri, Salsabila Septiana Masdi, Renafa Ardella Efendi, Alvina Rahmayanti, Syifa’ul Amelia, & Uswatun Chasanah. (2023). ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(3), 646-651. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.931