Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita profil pelajar pancasila berbasis digital yang merupakan media literasi untuk membantu peserta didik dalam membaca dan melengkapi ketersediaan media literasi untuk memotivasi peserta didik berliterasi dengan media yang menarik dan di sertai penerapan nilai-nilai profil pelajaran Pancasila pada dimensi gotong royong sebagai pendukung pada kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan produk yang dikembangkan menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SDN Cibaregbeg Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi. Subjek penelitian ini validator ahli materi, ahli media, praktisi dan 38 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan anget. Instrument menggunakan angket validator dan angket respon peserta didik. Buku cerita yang dikembangkan sangat baik diujicobakan dengan perolehan persentase ahli materi sebesar 100% kategori sangat baik, ahli media 94% kategori sangat baik, ahli praktisi 95% kategori sangat baik dan respon peserta didik diperoleh persentase 96% kategori sangat baik. Sehingga dari hasil data yang diperoleh bahwa buku cerita profil pelajar pancasila berbasis digital pada dimensi gotong royong ini sangat layak digunakan untuk membantu peserta didik dalam membaca dan memahami makna sebuah materi serta menambah ketersediaan media literasi yang menerapkan sub-elemen gotong royong pada profil pelajar Pancasila.

Keywords

Buku Cerita, Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Gotong Royong.n

Article Details

How to Cite
Nuraeni, R., Sutisnawati, A., & Nurmeta, I. K. (2023). Pengembangan Buku Cerita Profil Pelajar Pancasila Berbasis Digital Sebagai Media Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(2), 535-546. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.945