Main Article Content
Abstract
Perkembangan peserta didik dalam proses pembelajaran perlu diperhatikan, salah satu perkembangan yang akan dialami oleh peserta didik ialah kemampuan kognitifnya. Pada proses pembelajaran juga media pembelajaran berperan penting untuk ketercapaian hasil belajar siswa serta membantu guru dalam menyampaikan suatu materi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh media lagu terhadap kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian diambil dari kelas V SD Negeri Kebonjati Kota Sukabumi dengan populasi yang berjumlah 61 siswa, antara Kelas V.a yang dijadikan kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa, sedangkan kelas V.b sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa Teknik wawancara untuk mendapatkan informasi awal dan lembar soal untuk mengukur kemampuan kognitif siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan soal tes kemampuan kognitif siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian ini terkait kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran IPA di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut dikarenakan pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan media lagu, sedangkan pada kelas kontrol media yang digunakan yaitu media konvensional berupa Power Point. Dengan demikian, Media lagu dapat berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa.