Main Article Content

Abstract

Menghadapi era teknologi, dalam dunia pendidikan sangat penting seseorang mampu menguasai teknologi digital sebagai bentuk inovasi dan kreatifitas dalam upaya pemahaman materi untuk mencapai tujuan pendidikan. Demikian ini layaknya dilakukan dipendidikan formal ataupun non formal. Munculnya berbagai macam e-book (buku digital) merupakan salah satu dampak positif pendemi. Penelitian ini bertujuan Mengertahui pengembangan buku digital tajwid berbasis audio visual, dan website untuk Madrasah Diniyah serta kelayakan penggunaannya dengan baik dan benar. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian dan pengembangan (research dan developmennt) dalam rangka untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.


Hasil peneltian ini adalah bahwa Pengembangan buku digital tajwid berbasis audio visual, dan website untuk Madrasah Diniyah dilakukan melalui pembuatan produk sebagai bahan ajar dengan menggunakan website bernama google sites berisi materi pembelajaran yang dilengkapi dengan fitur suara atau voicenote dan video pembelajaran. Instrument dan perlengkapan yang digunakan adalah Hardware  yang meliputi Matan Hidayatus Sibyan fi Tajwidil Qur’an, Panduan Tahsin-Tilawah Al-Qur’an dan buku-buku tajwid lainya, Laptop yang terkoneksi internet dan handphone. Serta Software  yang meliputi Google sites,  Aplikasi paint, Aplikasi browsing misalnya google, google chrome. Uji kelayakan media ini diikuti oleh siswa Madrasah Diniyah bisa diterima dan dilaksanakan dengan baik. Persentase implementasi yang dicapai selama pengujian kelompok kecil tersebut yaitu 80% dalam katagori sangat baik.


                       

Keywords

Bahan Ajar, Buku Tajwid Digital, Audio, Visual, Wibsite

Article Details

How to Cite
Habibullah, M. R., & Nihayah, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Tajwid Digital berbasis Audio, Visual, dan Website di Madrasah Diniyah. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(2), 611-618. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.971