Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pemanfaatan lingkungan sekolah yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi serta pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SD Alam Al-Izzah Krian selalu melakukan proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal itu terlihat dari rata-rata motivasi belajar siswa menunjukkan sebesar 80 % termasuk dalam kategori cukup baik. Kesimpulannya bahwa di SD Alam Al-Izzah Krian selalu melakukan proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah, dimana membuat motivasi belajar siswa menjadi meningkat.

Keywords

Pemanfaatan lingkungan, Motivasi belajar, IPA

Article Details

How to Cite
Anggraini, S., & Efendi, N. (2023). Analisis Implementasi Pemanfaatan Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(2), 552-562. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.973