Main Article Content
Abstract
Motivasi belajar memberikan kemudahan siswa dalam memahami materi terutama kelas VI dalam menjelang ujian akhir. Banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satunya penggunakan media pembelajaran berbasis quizizz. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap motivasi belajar siswa kelas VI menjelang ujian akhir sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 Siklus. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah diskripsi kualitatif. Data diperoleh dari lembar kuesioner, wawancara dan observasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil penggunaan media pembelajaran quizizz mempengaruhi motivasi belajar, terbukti nilai rata-rata motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal siswa sebesar 67 masuk dalam kategori rendah meningkat pada siklus I menjadi 77 masuk dalam kategori sedang dan siklus II menjadi 85 masuk dalam kategori tinggi .