Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi siklus air di kelas V SDN Kuasaet Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan bentuk design One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kuasaet Kota Kupang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji normalitas dari data pretest-posttest menunjukkan nilai signifikansi 0,834 dan 0,156 > 0,05 sehingga kedua data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai sig 0,536 > 0,05 sehingga data dapat dinyatakan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa nilai thitung  4,186 > t tabel1,761 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat penggaruh  yang signifikan melalui penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik.

Keywords

Model Project Based Learning; Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Afi, J. S., Lehan, A. A. D., & Benu, A. B. N. (2023). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SDN KUASAET KOTA KUPANG. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(3), 826-831. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.978