Main Article Content

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research), karena penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian diskriptif sebab, mengambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan seperti apa hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 4 Ploso setelah penerapan model TGT (Teams Games Tournament). Berdasarkan data hasil penerapan model pembelajaran TGT di kelas V SD Negeri 4 Ploso pada materi tematik tema 8 ‘siklus air’ disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil ini terbukti dari peningkatan rata – rata hasil pembelajaran pada siklus I sebesar 74,72 dan pada siklus II sebesar  80,54. Ketuntasan pada siklus I sebesar 45,46 % meningkat pada siklus II sebesar 81,81 %.

Keywords

TGT; Hasil Belajar; Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Prasetya, D. S., Wahyuni, & Mursidik, E. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Siklus Air Melalui Model Pembelajaran TGT Siswa Kelas V SDN IV Ploso. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(2), 639-645. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.982