Main Article Content

Abstract

Berdasarkan data awal diketahui banyak nilai materi IPA kelas V SD Luqman Al Hakim Ngawi yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran peta konsep mempengaruhi hasil belajar siswa kelas V di SD Luqman Al Hakim Ngawi pada materi kualitas air dan manfaatnya. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode one group pretest posttest design, penelitian ini melakukan penelitian. Dalam penelitian ini, metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Uji validitas tes, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya beda, uji prasyarat hasil belajar yang menggunakan uji normalitas, serta uji hipotesis di uji melalui analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan penelitian ini, siswa kelas V lebih diuntungkan dengan menggunakan model pembelajaran peta konsep dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran konten IPA. Namun terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang dicapai melalui penggunaan model pembelajaran peta konsep dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SD Luqman Al Hakim Ngawi mendapatkan manfaat dari penggunaan model pembelajaran peta konsep dalam pembelajaran IPA.

Keywords

Model Pembelajaran Peta Konsep; Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Alviolita, M. K. A., Malaikosa, Y. M. L., & Zahrotin, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Materi IPA di SD Luqman Al Hakim Ngawi . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(2), 604-610. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.992